1. CARA AKSES APLIKASI EBOOKING CONTAINER

a. Melalui Web Portal Company Profile Tungya

Gambar Web Portal Company Profile

b. Masuk langsung ke Aplikasi E-Booking Container

Gambar Web Aplikasi Ebooking Container

2. CARA DAFTAR USER BARU

  1. Pada halaman Form Login, masuk menu [Menu => Daftar User Baru]
  2. Pada Form Pendaftaran, masukkan data-data sebagai berikut :
    • Username = nama user minimal 4 karakter
    • Password = minimal 6 karakter
    • Nama Lengkap = Nama anda atau perusahaan anda
    • Email = Alamat email yang akan digunakan untuk mengirimkan notifikasi pembayaran
    • No WA = nomor WA aktif yang digunakan untuk mengirimkan notifikasi diawali dengan kode negara tanpa tanda + (plus), misal : 628563061762 (minimal = 12 digit)
  3. Tekan tembol Kirim OTP untuk mengirimkan kode OTP ke nomor WA yang sudah anda daftarkan. Kode OTP akan dikirimkan dan akan expired selama 60 detik.
  4. Cek kode OTP pada Smartphone anda
  5. Entrikan OTP pada kolom Kode OTP, lalu tekan tombol Verifikasi.
  6. Jika berhasil, maka akan notifikasi Pendaftaran berhasil, Silahkan login ulang !!
Gambar Langkah-langkah pendaftaran User baru

3. PENGEMBALIAN CONTAINER (LIFT OFF)

Gambar Langkah-langkah isi data pengembalian container bagian 1
  1. Setelah berhasil login, akan muncul menu dasboard dan silahkan klik tombol IMPORT untuk pengembalian container
  2. Klik tombol Input DO pada form pengembalian container
  3. Berikutnya akan muncul Form Entri BL/DO pelayaran dan entri data sebagai berikut
    • Shipping, dapat anda klik tombol panah sebelah akan atau langsung ketik nama pelayarannya
    • B/L No, input nomor BL/DO/Reff yang diperoleh dari pelayaran, catatan : untuk Evergreen cukup input angka saja tanpa “EGLV”
    • Consignee, pilih nama consignee jika sudah pernah transaksi sebelumnya, jika belum silahkankan ke step nomor 4, 5 dan 6
    • Vessel dan Voyage, input sesuai DO
    • Cont from, isikan kota/negara asal container
    • File BL/DO, upload document B/L dalam format pdf atau jpg
  4. Jika consignee belum pernah didaftarkan, siapkan NPWP consignee untuk disimpan dalam database dengan cara klik logo “book” paling kanan
  5. input data Consignee atau EMKL (jika ingin invoice dan faktur atas nama perusahaan EMKL), klik “daftarkan perusahaan baru”
  6. Berikutnya akan muncul Form Entri Data Perusahaan, lalu lengkapi data sebagai berikut :
    • NPWP, isikan nomor NPWP Consignee/EMKL yg akan didaftarkan
    • Memiliki Cabang yang Dipusatkan, jika perusahaan memiliki cabang, dan customer ingin menggunakan alamat cabang pada invoice/faktur, silahkan pilih “Y” lalu isi alamat cabang pada kolom dibawah alamat kantor pusat. Jika alamat yang digunakan untuk invoice adalah kantor pusat/tidak memiliki cabang, silahkan pilih “N”
    • Consignee, masukkan nama perusahaan yang sesuai dengan NPWP
    • Nama Pendek, input inisial perusahaan tanpa beri simbol, contoh “Tungya Collins Terminal” jadi “TCT”
    • Alamat, masukkan alamat perusahaan yang sesuai dengan NPWP
    • File NPWP, upload file NPWP berformat pdf atau jpg
    • Klik OK jika data sudah selesai diinput
  7. Tahap berikutnya adalah memilih nomor container yang akan dipulangkan sesuai DO dengan klik menu Pilih Container . Jika nomor tidak tersedia, silahkan klik tanda “+” warna hijau untuk mengetik nomor secara manual, dengan mengisi kolom nomor contaner, size dan tipe, jika sudah lengkap tekan tombol Confirm, maka berikutnya data container akan tersimpan disertai detail harga jasa yang bersesuaian.
  8. Jika anda ingin menyimpan dengan status Draft yaitu masih dapat diedit, maka tekan tombol Simpan, namun jika anda sudah yakin dan ingin mengirimkan transaksi ke Admin Tungya, maka tekan tombol Submit
Gambar Langkah-langkah isi data pengembalian container bagian 2
  1. Setelah di submit, maka status dokumen menjadi Submit pada halaman utama akun anda. Pada saat status document Submit, maka user sudah tidak diijinkan mengedit document kembali
  2. Setelah menunggu 1-15 menit verifikasi dari Admin Tungya, maka anda akan mendapatkan konfirmasi Approval melalui nomor WhatsApp yang terdaftar, lalu status document akan berubah menjadi Approve
Gambar Notifikasi WhatsApp Approval dari Admin Tungya
  1. Pada saat status sudah berubah menjadi Approve, maka tombol Checkout otomatis akan menjadi Active.
  2. Setelah tombol Checkout diclick, maka akan muncul dialog pilihan Jenis Bank yang bisa digunakan untuk transfer (BCA, BNI dan Mandiri).
  3. Setelah tombol Ok di click, maka akan muncul Virtual Account pembayaran beserta petunjuk cara melakukan transfer. Anda juga akan mendapatkan notifikasi pembayaran melalui nomor whatsApp yang terdaftar
Gambar Notifikasi WhatsApp Checkout
  1. Berikutnya status pembayaran akan menjadi Pending dan akan muncul tanggal expired VA. Lakukan pembayaran sebelum tanggal expired tersebut.
  2. Setelah anda melakukan transfer pembayaran ke Virtual Account tersebut, maka dalam hitungan detik, maka anda akan mendatkan notifikasi penerimaan pembayaran melalui nomor whatsApp yang terdaftar dan status pembayaran otomatis berubah menjadi Paid
Gambar Notifikasi WhatsApp Penerimaan Pembayaran
  1. Setelah status pembayaran sudah lunas (Paid), maka tombol Bon Bongkar akan menjadi aktif dan anda bisa mencetaknya. Pastikan  bahwa Sopir/Driver membawa Bon Bongkar ini saat datang kedepo, karena tanpa membawa Bon Bongkar, maka Truck tidak boleh masuk ke depo.
Gambar Cetak Bon Bongkar dan Receipt/Tanda Terima Pembayaran
  1. Setelah status pembayaran sudah lunas (Paid), maka anda juga dapat mencetak Receipt/Tanda Terima Pembayaran
  2. Untuk Invoice dan Efaktur dapat dicetak melalui Tombol Detail dikolom Invoice. Invoice hanya dapat dicetak setelah container sudah masuk depo, sedangkan Efaktur akan dproses setelah memakan waktu 1-2 hari kerja setelah invoice telah terbit

Pengambilan Container (LIFT ON)

Gambar Langkah-langkah isi data pengambilan container bagian 1
  1. Setelah berhasil login, akan muncul menu dasboard dan silahkan klik tombol Pengambilan Container
  2. Berikutnya akan muncul Form Pengambilan Container yg berisi Entri Data BL, Entri Data Consignee, Data Container, dll
  3. Klik tombol Input Booking
  4. Berikutnya akan muncul Form Entri Booking/DO pelayaran dan entri data sebagai berikut
    • Shipping Line, dapat anda clik tombol panah sebelah akan atau langsung ketik nama pelayarannya
    • Booking No, entrikan sesuai no Booking atau nomor DO yang diperoleh dari pelayaran
    • Vessel, entrikan nama pelayaran yang sesuai
    • Voyage, entrikan nomor voyage/lambung kapal yang sesuai
    • Party, Isikan party/jumlah container sesuai B/L yang ada di DO
    • Tujuan Container, isikan kota/negara asal container
    • File Booking, upload document B/L berupa scan dalam format pdf
  5. Jika tahap sebelumnya (Tahap 4) sudah selesai, maka tekan tombol OK dan data terkait Booking akan tampil di form Pengambilan Container
  6. Entrikan data Consignee/EMKL, jika data tidak ditemukan click tombol Input NPWP
  7. Berikutnya akan muncul Form Entri Data Consignee, lalu lengkapi data sebagai berikut :
    • NPWP, isikan nomor NPWP Consignee/EMKL yg akan didaftarkan
    • Consignee, masukkan nama perusahaan yang sesuai dengan NPWP
    • Alamat, masukkan alamat perusahaan yang sesuai dengan NPWP
    • File NPWP, upload file NPWP berformat pdf atau jpg
  8. Jika sudah complete data Consignee/EMKL, maka silahkan klik tombol OK.
  9. Entrikan data Commidity dan Contract no jika ada sesuai Booking dar pelayaran
  10. Tahap berikutnya adalah menambahkan party container yang akan dibayarkan dengan menekan tombol + dibagian bawah grid.
  11. Lalu isikan data size,tipe dan qty, jika sudah lengkap tekan tombol Confirm, maka berikutnya data party container akan tersimpan disertai detail harga jasa yang bersesuaian.
  12. Jika anda ingin menyimpan dengan status Draft yaitu masih dapat diedit, maka tekan tombol Simpan, namun jika anda sudah yakin dan ingin mengirimkan transaksi ke Admin Tungya, maka tekan tombol Submit
Gambar Langkah-langkah isi data pengembalian container bagian 2
  1. Setelah disubmit ke Admin Tunga, maka status documet menjadi Submit. Pada saat status document Submit, maka user sudah tidak diijinkan mengedit document kembali
  2. Setelah menunggu 1-30 menit verifikasi dari Admin Tungya, maka anda akan mendapatkan konfirmasi Approval melalui nomor WhatsApp yang terdaftar, lalu status document akan berubah menjadi Approve
  1. Pada saat status sudah berubah menjadi Approve, maka tombol Checkout otomatis akan menjadi Active.
  2. Setelah tombol Checkout diclick, maka akan muncul dialog pilihan Jenis Bank yang bisa digunakan untuk transfer (BCA, BNI dan Mandiri).
  3. Setelah tombol Ok di click, maka akan muncul Virtual Account pembayaran beserta petunjuk cara melakukan transfer. Anda juga akan mendapatkan notifikasi pembayaran melalui nomor whatsApp yang terdaftar
Gambar Notifikasi WhatsApp Checkout
  1. Berikutnya status pembayaran akan menjadi Pending dan akan muncul tanggal expired VA. Lakukan pembayaran sebelum tanggal expired tersebut.
  2. Setelah anda melakukan transfer pembayaran ke Virtual Account tersebut, maka dalam hitungan detik, maka anda akan mendatkan notifikasi penerimaan pembayaran melalui nomor whatsApp yang terdaftar dan status pembayaran otomatis berubah menjadi Paid
Gambar Notifikasi WhatsApp Penerimaan Pembayaran
  1. Setelah status pembayaran sudah lunas (Paid), maka tombol Bon Bongkar akan menjadi aktif dan anda bisa mencetaknya. Pastikan  bahwa Sopir/Driver membawa Bon ini saat datang ke depo, karena tanpa membawa Bon Bongkar, maka Truck tidak boleh masuk ke depo.
Gambar Cetak Bon Bongkar dan Receipt/Tanda Terima Pembayaran
  1. Setelah status pembayaran sudah lunas (Paid), maka anda juga dapat mencetak Receipt/Tanda Terima Pembayaran (tanda terima pembayaran bukan invoice)
  2. Untuk Invoice dan Efaktur dapat dicetak melalui Tombol Detail dikolom Invoice. Invoice hanya dapat dicetak setelah container sudah keluar depo, sedangkan Efaktur akan diproses setelah memakan waktu 1-2 hari kerja setelah invoice telah terbit